UK Bookmakers
  • SELAMAT DATANG

    Website Resmi Pondok Pesantren Attaqwa Putra KH. Noer Alie Ujungharapan Bahagia Babelan Bekasi.

    "Benar, Pintar & Terampil".

  • PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2017/2018

    Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2017/2018 telah dibuka.

    Setiap Hari - mulai pukul 08.00 - 15.00

  • UNIT ATTAQWA

    Pondok Pesantren Attaqwa Putra terdiri dari Madrasah Tsanawiyyah, Madrasah Aliyah & Madrasah Tahfidz.

    Informasi lebih lanjut hubungi kami.

Attaqwa Putra

Sebuah pesantren yang letaknya di sebelah utara Pulau Jawa (E.107º01º9.3",S 6º11º21.3"). Sebuah pesantren yang kini telah berusia setengah abad lebih. Ia dikenal dengan nama Pondok Pesantren Attaqwa Putra. Lembaga pendidikan ini didirikan pada tahun 1940 oleh Almarhum Almaghfurlah K.H. Noer 'Ali, Sang Singa Kerawang Bekasi.

Saat itu, Lembaga pendidikan tersebut belum memiliki nama khusus, melainkan sebuah pesantren di daerah Ujungharapan. Dan pada tahun 1956 barulah Lembaga Pendidikan ini diresmikan, meskipun masih menggunakan nama Yayasan P3 (Pembangunan, Pemeliharaan dan Pertolongan Islam (YP3) dan secara keseluruhan –baik putra maupun putri– berubah nama menjadi Pondok Pesantren Attaqwa, sekitar tahun 1986.

Pondok Pesantren Attaqwa Putra ini yang dipimpin saat ini oleh Abuya KH. Nurul Anwar, Lc. (anak ke-6 Almarhum Almghfurlah K.H. Noer 'Ali), juga menekankan pentingnya ibadah dan kegiatan rohani, seperti maulid, tahlil, dzikir. Karena bagaimanapun juga sunnah-sunnah yang pernah ditanam dan dipupuk oleh K.H. Noer 'Ali harus tetap dipertahankan dan dilazimkan. 

Saat ini, Pondok Pesantren Attaqwa menerapkan 3 sistem –penjurusan– yang ditawarkan kepada santri baru ketika tes masuk.

  1. Ulama
  2. Tahfdzul Qur'an
  3. Pemograman (PK, IPA & IPS)

Hal ini diharapkan agar santri –sejak usia dini– mampu lebih optimal dan menguasi bidang spesifikasinya sehingga kualitas santri benar-benar maksimal.

Jumlah santri saat ini sekitar -/+1000 orang santri yang datang dari JABODETABEK, hingga dari luar pulau jawa, semisal dari kalimantan dll. Sedangkan jumlah tenaga pengajar adalah lulusan alumni Attaqwa luar negeri dan dalam negeri, ada juga tenaga pengajar tambahan yang direkrut dari non alumni, khususnya tenaga pengajar yang memiliki kemampuan di bidang pelajaran ilmu eksak. 

Pondok Pesantren Attaqwa "Be A Magnet School With Green School"

Green School adalah program jurusan baru yang kini telah disediakan oleh Attaqwa dengan berbagai macam jurusan. Di antaranya adalah jurusan yang merupakan reformasi baru bagi kemajuan Attaqwa, dimana seorang santri tidak hanya mampu menguasai kitab kuning saja, melainkan mampu bersaing di dunia Sains dan Teknologi. 

Attaqwa kini memiliki satu buah gedung yang megah yang dilengkapi dengan laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium biologi, laboratorium bahasa dan laboratorium komputer yang berakseskan internet. Selain itu, gedung tersebut juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang yang lengkap berupa satu buah bengkel praktek untuk jurusan lokomotif.

Dengan adanya gedung tersebut, Attaqwa diharapkan menjadi magnet school bagi masyarakat, serta sekolah-sekolah lain, mampu menghasilkan siswa-siswa yang berguna dimasyarakat. Dengan adanya gedung ini, Attaqwa nantinya mampu mencetak para alumni yang ahli di bidang ilmu-ilmu eksak, tidak hanya mampu membaca kitab kuning saja, tetapi lebih dari itu para alumni juga mampu mengusai ilmu-ilmu keduniaan lainnya semacam ilmu sains dan teknologi, yang sangat dibutuhkan pada zaman globalisasi sekarang ini.

Sejauh ini, Pondok Pesantren Attaqwa Putra sedang memepersiapkan perubahannya dari pesantren tradisional ke modern. Salah satu upaya yang sedang ditempuh adalah dengan melengkapi sarana dan prasarana yang semuanya dapat dijumpai di dalam gedung tersebut. Gedung hijau rencanannya akan digunakan sebagai media untuk mengembangkan bakat siswa siswa pada ilmu-ilmu umum seperti sains dan teknologi. Selain itu, bertujuan pula untuk membentuk generasi intelektual muslim di dalam bidang ilmu eksak. 

Perlu diketahui bahwa Attaqwa sebenarnya dari dahulu sudah modern. Indikasinya adalah adanya pendidikan yang besifat klasikal, adanya AD-ART, dan pembagian job masing-masing guru bidang studi dengan sedikit mismatch, serta organisasi yang mempunyai kewenangan dalam tugas, sebagai pengembangan madrasah itu sendiri. Dan sekarang, Attaqwa lebih berupaya untuk meningkatkan kualitas para pelajarnya yang nantinya bisa diterima di berbagai perguruan tinggi favorit, karena belum lama ini, perguruan-perguruan tinggi seperti UIN, UGM, ITS, IPB berencana memberikan beasiswa kepada para santri Attaqwa yang mempunyai kemampuan dalam bidang eksak.

Konsep awal yang akan diterapkan oleh Attaqwa untuk memenuhi semua itu adalah dengan berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas para guru sehingga matching di bidangnya. Dengan demikian, para pelajar akan mampu menangkap apa yang dijelaskan dengan mudah dan tepat. 

VISI

“Ikhlas, Berdzikir, Berfikir dan Beramal” 

MISI

Membina, mengembangkan dan memelihara masyarakat madani yang ikhlas, berdzikir, berfikir dan beramal shaleh melalui pendidikan, dakwah, kegiatan ekonomi dan social, dalam menuju “Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur”.

Kegiatan dan Aktifitas Santri 

Pondok Pesantren Attaqwa –baik putra maupun putri– memiliki aktifitas dan kegiatan yang bernuansa kolaborasi antara pendidikan modern dan tradisional, pendidikan timur tengah dan dalam negeri. Disamping tuntunan Almarhum Almaghfurlah K.H. Noer 'Ali juga merupakan tuntutan masyarakat sekitar agar Pondok Pesantren Attaqwa mampu menciptakan sistem yang seimbang, antara penanaman nilai-nilai agamis dan kebutuhan di era globalisasi. Oleh karena itu, aktifitas santri sehari-haripun baik kegiatan formal (kulikuler) maupun non formal (ekstrakulikuler) memuat kedua unsur tersebut, ilmu agama dan ilmu umum.

Aktifitas santri dimulai pada pukul 04.00 dini hari untuk melaksanakan "Qiyamullail" dilanjutkan dengan shalat subuh berjama'ah dan pengajian di pagi hari sampai jam 6 pagi. Namun pada hari-hari terntentu, ada program bahasa (muhadatsah), yang dilaksakana 2 kali dalam setiap minggunya, tahfidul qur'an, dll. dilaksanakan juga pada pagi hari. 

Untuk kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dibagi dengan dua waktu, KBM pagi hari dimulai dari jam 7 sampai dengan jam 12.30 dan KBM siang hari dimulai dari jam 14.30 sampai jam 15.30.

Sedangkan untuk kegiatan non formal (ekstrakulikuler) dimulai dari ba'da ashar (sekitar jam: 16.00) sampai jam 22.00 malam, seperti: Muhadlarah 3 bahasa (Bahasa Arab, Bahasa Inggrus dan Bahasa Indonesia), kursus komputer, machine (bengkel), rethorika (pidato), qira'at, puisi, artistik (keterampilan) kalighrafi, dekorasi, menyablon, musik (marching band, gambus, marawis, rebana dll), elektronika, pelatihan jurnalistik dsb. 

Kurikulum

Kurikulum Pondok Pesantren Attaqwa Putra adalah Integrated Curicullum, yaitu kurikulum perpadauan antara kurikulum Depag, Diknas dan internasional yang berafiliasi ke Timur Tengah, dengan Integrated Curicullum, siswa diharapkan dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, baik di dalam maupun diluar negeri dan dapat hidup berkembang dalam membangun Masyarakat. 

Pengembangan Potensi

  1. Penanaman nilai-nilai dasar agama, moral, budi pekerti, sosial, emosional dan kemandirian melalui pembiasaan dan praktek kehidupan sehari-hari yang terimplementasikan diseluruh layanan pendidikan.
  2. Pengembangan potensi dasar setiap siswa dioptimalkan dengan pemahaman kecerdasan majemuk (multiple intelegent). Sehingga perkembangan logika, interpersonal, bahasa, seni, kinestetik, visual, naturalistik dan eksistensialistik dapat berkembang secara optimal.
  3. Program potensi kepemimpinan siswa melalui berbagai kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Dauroh, Organisasi PPA, Dewan Perwakilan Kelas (DPK) dan lain-lain. 

Tenaga Pendidik

Pondok Pesantren Attaqwa Putra diasuh oleh tenaga pendidik yang berkualifikasi S1 dan S2 baik dalam negeri seperti UIN, UNJ, UNISMA, UIJ, STAIA, STAISA, PTA, LIPIA, maupun luar negeri seperti Al-Azhar Kairo, Damaskus Syiria, Islamabad, Pakistan dan lain-lain yang ahli dibidang pendidikan.

Ekstrakurikuler

a.      Kegiatan-kegiatan

1.      Muhadharah 3 bahasa (latihan berpidato)

2.      Pramuka

3.      Tae Kwon Do

4.      Marawis

5.      Hadroh

6.      Marching Band

7.      Amsilati

8.      Paskibra

9.      Pentas Seni Santri

10.  Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

11.  Sidang Plen

12.  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)

13.  Jamtaqwa

14.  Kemah Wisata

 

b.      Lembaga Penunjang

1.      Organisasi Santri Persatuan Pelajar Attaqwa (PPA)

2.      Dewan Perwakilan Kelas (DPK)

3.      Bengkel Teater Attaqwa (BETA)

4.      Lembaga Ilmu Al-Qur’an Attaqwa (LIQA)

5.      Lembaga Retorika Dakwah Attaqwa (LEKDA)

6.      Lembaga Jurnalistik Attaqwa (LJA)

7.      Lembaga Kaligrafi Attaqwa (LKA)

8.      Dewan Kerja Ambalan (DKA)

 

Fasilitas

1.      Ruang Belajar

2.      Lab. Komputer

3.      Lab. Bahasa

4.      Lab. Biologi

5.      Lab. Fisika

6.      Lab. Kimia

7.      Lab. Otomotif

8.      Ruang Multimedia

9.      Perpustakaan

10.  Aula Serbaguna

11.  Masjid

12.  Sarana Olahraga

13.  Kantin

14.  Laundry

15.  Asrama Santri

16.  Depot Air

17.  Poskestren

18.  Koperasi Pelajar

19.  Wartel

 

Keunggulan

1.      Fullday School

2.      Penguasaan sains dan teknologi, life skill dan ilmu agama

3.      Penguasaan Bahasa Arab & Inggris

4.      Penguasaan Tahfidzul Qur’an & Hadis

The Best betting exchange http://f.artbetting.netby ArtBetting.Net

Pengunjung

Kami memiliki 8 guests dan tidak ada anggota yang online

Hubungi Kami

Jl. KH. Noer Alie, Ujungharapan Desa Bahagia Kec. Babelan Jawa Barat 17612 Indonesia

Telepon :

+62 21 8920391 (MA)

+62 21 89134895 (MTs)

Klik Google Map

All CMS Templates - Click Here