Kumandang Adzan Lepas Alumni Pondok Pesantren Attaqwa Ke Turki dan Mesir

Pondok Pesantren Attaqwa Putra dan Putri melepas 6 (enam) orang alumninya untuk melanjutkan studi ke Turki dan Mesir, Senin (27/9/2021), di Masjid Jami’ Attaqwa.

Dihadiri jajaran pimpinan pondok, dewan guru dan ribuan santri serta iringan kumandang adzan, keenam santri alumni Pondok Pesantren yang didirikan Pahlawan Nasional KH. Noer Ali dilepas keberangkatannya ba’da dzuhur waktu setempat. Mereka adalah :

  1. Ikhsan Nur Ramadhan (Turki)
  2. Muhamad Razif Abduloh (Turki)
  3. Abdul Hamid Marzuki ((Turki)
  4. Kaila Aura Rahma (Turki)
  5. Shafadilla Juniananda (Turki)
  6. Muhammad Saddam Noer (Mesir)

Dalam pesan pelepasannya, Pimpinan Pondok Pesantren Attaqwa Putra, KH. Husnul Amal Mas’ud, Lc., D.E.S.A., menyoroti keutamaan para pencari ilmu sebagai golongan Fi Sabilillah yang Allah SWT. janjikan ketinggian derajat dan dekatkan jalannya menuju surga.

Pimpinan Pondok juga berpesan agar para pencari ilmu meluruskan niat karena Allah (Lillahi Ta’ala). Sebab jika salah berniat mencari ilmu untuk tujuan dunia dan selain Allah SWT., kelak ia tidak akan mencium bau surga. Sebagaimana hadits sahih riwayat Imam Ahmad, Imam Abu Dawud dan Imam Ibnu Majah, Rasulullah saw. bersabda:

مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا مِمَّا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ لاَ يَتَعَلَّمُهُ إِلاَّ لِيُصِيبَ بِهِ عَرَضًا مِنَ الدُّنْيَا لَمْ يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Siapa orang yang mempelajari satu ilmu dari ilmu-ilmu yang mesti dipelajari karena Allah azza wajalla, tetapi dia tidak mempelajari ilmu itu kecuali hanya untuk memperoleh keuntungan duniawi, maka dia tidak akan bisa mencium baunya surga pada hari kiamat.”

Sementara Kepala Madrasah Aliyah Attaqwa Putra, KH. Dr. Iman Fadllurrahman, Lc., M.A., dalam sambutannya mengharapkan agar tradisi pelepasan alumni untuk melanjutkan studi ke luar negeri ini dapat menjadi motivasi bagi para santri yang masih belajar di Pondok Pesantren Attaqwa untuk bercita- cita melanjutkan studi ke kampus-kampus terbaik di dunia.

“Jika tidak ada halangan, Insya Allah, akhir Oktober atau November 2021 kita juga akan melepas alumni Attaqwa yang akan melanjutkan studi ke Jepang,” tambahnya.

Lebih lanjut, putra Almaghfurlah Abuya KH. Nurul Anwar, Lc., ini menjelaskan dihadapan ribuan santri bahwa jika cita-cita itu telah ada, maka sempurnakan dengan niat yang kuat, rajin belajar agar nilai hasil studinya di pesantren dapat memenuhi standar kampus-kampus luar negeri dan yang terakhir musyawarahkan dengan kedua orang tua agar mendapat dukungan baik moril maupun materil.

Pelepasan juga diiringi dengan dzikir dan tahlil dipimpin oleh KH. Anis Abdul Quddus, Lc., M.Pd., Sekjen Pondok, serta doa yang dipimpin dengan khidmat oleh KH. A. Zubair Dasuki, S.Ag., M.Si., Kepala Madrasah Tsanawiyah Attaqwa Putra.

Turut hadir dalam pelepasan Wakil Pimpinan Pondok, KH. Abdul Fattah Khoir, S.THI., Bendahara Pondok, Ust Didin Muhtadin, S.E., para Wakil Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah, Dewan Guru Pondok Pesantren Attaqwa Putra dan Putri serta wali santri dan keluarga alumni yang akan berangkat ke Turki dan Mesir.

Sumber : Sekretariat Pondok Pesantren Attaqwa Putra

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these